FIBERGLASS PADA KAPAL IKAN

Sehubungan dengan adanya isue tentang fiberglass yang mengandung bahan formalin sehingga tidak layak digunakan sebagai kapal ikan maka berikut adalah pencerahan yang mungkin berguna bagi semuanya.artikel ini bisa di lihat dan di baca di situs http://www.fao.org (FOOD AND AGRICULTURE ORGANIZATION OF THE UNITED NATIONS) tepatnya di bagian Fisheries and Aquaculture Department

Semoga Bermanfaat.

javaneseboat

TENTANG KAPAL FIBERGLASS

Banyaknya kejadian kecelakaan yang menimpa kapal fiberglass tentunya bukan berati bahwa kapal-kapal fiberglass tidak layak untuk mengarungi samudra. akan tetapi semua tergantung pada bentuk konstruksi serta batas kemampuan desain kapal yang digunakan dimana tiap kapal tentunya telah di desain dengan batas kemampuan yang telah di sesuaikan kebutuhan. dalam hal ini tentunya ada aturan aturan yang berlaku di dalamnya. setiap bahan tentunya mempunya data teknis ( material mechanical propertis).

Kalau kita melihat di eropa , amerika begitu banyak kapal fiberglass yang digunakan untuk mengarungi samudra. Begitu banyak perusahaan yang memproduksi kapal fiberglass untuk berbagai keperluan mulai dari kapal kecil, kapal layar hingga kapal penumpang serta kapal perang. Oleh sebab itu perlulah kiranya kita berikan informasi yang benar tentang hal ini. ada banyak aturan yang mengatur tentang kapal fiberglass diantaranya kita bisa mengacu Pada Regulasi yang dikeluarkan oleh biro klasifikasi atau lainnya. Diantaranya GL (germanicher lloyd), LR (Lloyd Register), DNV, Serta CE Mark. untuk selanjutnya juga bergantung pada material yang digunakan haruslah yang berstandart Lloyd Register.

 

**TIPS MEMBELI SPEED BOAT / KAPAL FIBER**

1.Kenali Bahan Baku Yang Dipakai apakah menggunakan Type Yang Marine Use atau Tidak.

Bahan Baku yang baik adalah Type Marine Use dimana ada beberapa produk resin yang memang khusus digunakan untuk kapal Fiber.

Resin : Yukalac 157 BQTN, Qualipoly C114, SHCP 2506, Nuplex,Scot Badder , dll.

Mat    : Pilihlah type Mat Type E-glass jangan menggunakan type C-glass yang hanya digunakan untuk membuat barang-barang kerajinan.

Roving : Gunakan Type E-glass jangan gunakan type C-glass. Akan lebih baik lagi apabila menggunakan yang type Biaxial.

2. Gunakan Logika Anda untuk mengukur jangka waktu Pembuatan, sehingga anda tidak terjebak pada iming-iming waktu pembuatan yang cepat jadi. karena proses pembuatan speed boat fiber atau pembuatan kapal fiber membutuhkan waktu pengeringan (Curing Time ) yang sempurna. Waktu kering yang dipercepat akan membuat bahan fiberglass atau kapal fiber menjadi Getas.

3. Pilihlah Builder atau pembuat kapal yang mempunyai tempat/ Lokasi yang terpercaya yaitu memiliki Workshop Sendiri Serta Mempunyai Legalitas atau Siup. Bila Perlu Mintalah Copy Siup dan Copy Kepemilikan Tempat Usaha.

4. Pilihlah Builder yang betul-betul memahami sisi-sisi Teknis ( Ilmu Perkapalan) baik secara Teoritis atau Lapangan, Mampu Mengoperasionalkan sendiri(sehingga builder juga turut mengetahui) peformance kapal fiber yang dibuat. Karena banyak pembuat atau builder yang hanya berangkat dari Otodidak , Asal bisa bentuk, Asal bisa terapung, Namun tidak mengetahui perhitungan-perhitungan secara teknis. yang hanya didapat dari Ilmu Perkuliahan Perkapalan.Bila perlu mintalah Owner atau Stafnya Menjelaskan Secara Singkat tentang pengetahuan bahan, Asal mula kenapa bisa dibuat ketebalan lambung seperti ini dan itu.

5.Yang paling Utama adalah Jangan Anda terpancing untuk Harga Yang Murah dan Waktu yang Cepat. Karena Dua Faktor ini yang menentukan Mutu Produk Kapal Fiber Yang Anda Buat.

**TIPS Ini Hanya sebagai Panduan anda untuk Mempertimbangkan dalam Membeli atau Membuat Speed Boat**

 

FAO FIBERGLASS BOAT CONSTRUCTION

Silahkan Klik  Situs FAO (Food Agriculture Organization of the United Nations)

TEKNIK PENANGKAPAN IKAN TUNA

Silahkan Klik disini FAO Tuna Pole & Line Fishing

TEKNIK KESELAMATAN KAPAL IKAN

Silahkan Klik disini Teknik Keselamatan Kapal Ikan

POWER CONVERTION

mengkonversi dari PS ke HP maupun sebaliknya. merupakan suatu perbandingan yang cukup penting antara kedua kendaraan atau lebih.

HP adalah kepanjangan dari Horse Power atau dalam bahasa Indonesianya Daya Kuda (DK), sedangkan PS berasal dari bahasa Jerman yang berarti PS = PferdStärke dalam standart ukuran DIN Jerman. Pferd = horse = Kuda
Stärke= strenght = daya/kekuatan.

1 HP = 1,01 PS
1 PS = 1/1,01 HP
1 HP artinya = 1 tenaga kuda = 745,7 watt.
1 watt = 1 joule/detik.

Klik Convertion power online

KEPUTUSAN TERBARU TENTANG KAPAL FIBER UNTUK BERLAYAR

pada akhirnya kementrian perhubungan membolehkan kapal fiber untuk mengarungi samudra.

beritanya silahkan klik di sini : Kapal fiber boleh beroprasi di laut lepas

PERBEDAAN BAHAN LAMBUNG ALUMINIUM DENGAN FIBERGLASS.

Semoga ini menjadi pencerahan bagi anda yang ingin mempunyai  sebuah kapal.

berikut ini adalah video tentang pengetesan kekuatan, kemudahan reparasi, dll.

untuk selanjutnya terserah anda dalam memilihnya apakah menggunakan aluminium atau fiberglass.

yang jelas masing-masing mempunyai keunggulan dan kelemahan.

untuk videonya silahkan klik disini : Aluminium Vs Fiberglass.

MENGHITUNG KEBUTUHAN ANODA PADA KAPAL

Silahkan Klik Menghitung Anoda